Selasa, 10 Januari 2012

apa itu statistika? part 1

Slide 6
wstatistik dalam arti sempit data ringkasan berbentuk angka (statisik penduduk, statistik gangguan kabel tanah )
wstatistik dalam arti luas ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisa data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian.
nKesimpulan ini mengandung suatu ketidakpastian yang disebabkan karena kesulitan menyelidiki data satu per satu.
Slide 7
Statistik juga memberikan metode untuk meramalkan yang sangat berguna sebagai dasar perencanaan dan metode pengujian hipotesa dan pembuatan keputusan dalam rangka pemecahan persoalan.
Slide 8
vData berarti suatu yang dianggap atau diketahui sehingga data dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan.
v
v
v
vData dikumpulkan dengan tujuan:
wDasar suatu perencanaan, agar perencanaan sesuai dengan kemampuan yang ada, sehingga dapat dicegah terjadinya suatu perencanaan yang ambisius sehingga susah dilaksanakan. Kemampuan yang dimaksudkan : kemampuan personil, kemampuan anggaran serta kemampuan materiil yang lain.
wAlat kontrol terhadap pelaksanaan atau implementasi dari perencanaan tersebut agar bisa diketahui dengan segera kesalahan atau penyimpangan-penyimpangan yang terjadi untuk segera dilakukan perbaikan-perbaikan atau koreksi.
wDasar evaluasi dari hasil kerja akhir. Apakah hasil kerja akhir yang telah ditargetkan bisa dicapai 100%, 90% atau kurang. Kalau target tidak tercapai faktor-faktor apa yang menyebabkannya.
Slide 9
ØDiperlukan Data, dimana Data yang salah jika digunakan untuk dasar pembuatan keputusan tertentu akan berakibat fatal, perencanaan menjadi tidak tepat, kontrol tidak efektif dan evaluasi tidak mengenai sasaran secara obyektif.
ØSyarat-syarat data yang baik :
wData harus obyektif sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Misalnya laporan ASR yang seharusnya turun jangan dilaporkan naik.
wData harus bisa mewakili, misalnya data trafik yang dilaporkan hanya data pada saat trafik tidak overload.
wKesalahan baku relatif kecil.
wHarus tepat waktu, untuk kontrol atau evaluasi
wHarus relevan data yang dikumpulkan harus ada hubungannya dengan persoalan yang akan dipecahkan
  Slide 10
Pembagian data :
wMenurut sifatnya
1) Data kualitatif, yaitu data yang tidak berbentuk angka.
2) Data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka.
wMenurut sumbernya
1)Data internal, data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan dalam suatu organisasi.
2)Data eksternal, data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan di luar suatu organisasi.
wMenurut cara memperolehnya
1)Data primer, data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi langsung dari obyeknya. Misalnya data pengukuran trafik.
2)Data sekunder, data yang deperoleh dalam bentuk sudah jadi dan diolah oleh pihak lain.
wMenurut waktu pengumpulannya
1)Data Cross Section, data yang dikumpulkan pada saat suatu waktu tertentu yang menggambarkan keadaan atau kondisi pada waktu itu. (àinsidensial)
2)Data berkala, data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran tentang pengembangan suatu kegiatan dari waktu ke waktu. (àperiodik).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar